Selamat Datang di Blog Guru IPS Berbagi SMP Negeri 2 Kayen
<< Berkarakter Menyenangkan Luar Biasa >> <<Luar Biasa Menyenangkan Berkarakter >>

Selasa, 22 Agustus 2017

KEADAAN GEOGRAFIS BENUA ASIA

Berdasarkan letak astronomisnya, Benua Asia terletak pada 25° BT-170° BT dan 11° LS-77° LU. Sebenarnya, daratan Asia menjadi satu dengan daratan Eropa. Oleh karena itu, kedua benua tersehut sering disebut Erasia. 

A. Batas

Batas-batas Benua Asia adalah sebagai berikut:
·                  di sebelah barat Benua Asia berbatasan dengan Laut Tengah dan Benua Eropa;
·                  di sebelah selatan Benua Asia berbatasan dengan Samudra Hindia;
·                  di sebelah utara Benua Asia berbatasan dengan Samudra Antlantik;
·                  di sebelah timur Benua Asia berbatasan dengan Samudra Pasifik.

B. Ibu Kota

Benua Asia terdiri Asia Barat,Asia Tengah,Asia Selatan,dan Asia Tenggara.Negara yang terdapat di Asia tampak dalam daftar-daftar berikut.

C. Pegunungan

Di daratan Asia terdapat banyak busur pegunungan, antara lain, Pegunungan Himalaya dengan puncaknya Mount Everest (Gauri Sangkar), yang tingginya mencapai 8.848 m. Pegunungan itu merupakan pegunungan tertinggi di dunia. Selain itu, di Asia juga terdapat Pegunungan Hindukush, Altai, Ticushan, Karakorum, dan Altyn Tagh. 

D. Sungai

Sungai-sungai besar yang terdapat di Benua Asia, antara lain, Sungai Gangga, Sungai Indus, Sungai Brahmaputra, Sungai Mekhong, Sungai Yangtse, dan Sungai Huang Ho (Sungai Kuning). 

E. Danau

Di daratan Asia terdapat beberapa danau alam. seperti Danau Aral, Danau Balkas, Unnia, Danau Laut Mati (Danau Garam). Sebagian besar danau tersebut digunakan untuk pembangth tenaga lisxn1L perikanane dan parivaisata. 

F. Bentang Alam Lainnya

Di daratan Asia terdapat beberapa plato besar. antara lain. plato Tibet, plato Mongolia, dan plato Dekan. Di Asia juga terdapat gurun, antara lain, Gurun Gobi, Gurun Thars, Gurun Taklamakan, dan Gurun Rub al Khali. 

G. Keadaan Benua Asia

           1     Batas Batas Benua Asia adalah sebagai berikut:
·        di sebelah barat Benua Asia berbatasan dengan Pegunungan Ural, Sungai Ural, pantai barat Laut Kaspia, Turki, Laut Hitam, Selat Bosporus, Selat Dardanella, Laut Tengah, Terusan Suez, dan Laut Merah,
·        di sebelah utara Benua Asia berbatasan dengan Samudra Arktik dan Selat Bering,
·        di sebelah selatan Benua Asia berbatasan langsung dengan Samudra Hindia;
·        di sebelah timur Benua Asia berbatasan dengan Samudra Pasifik.

           2.     Letak dan Luas
                 Secara geografis Asia terletak di antara Benua Eropa, Australia, dan Afrika serta diantara Samudra Hindia, Samudra Pasifik, dan Samudra Arktik. Luas Benua Asia adalah 43.998.920 km2 yang meliputi hampir sepertiga dari luas daratan di bumi. 

3. Iklim 

Keadaan iklim di Asia sangat bervariasi. Hal itu disebabkan oleh luas Benua Asia. Iklim di Benua Asia dapat dijelaskan sebagai berikut:

Asia Utara Asia Utara, khususnya Siberia Utara, beriklim kontinental kutub. Musim dingin beriangsung lama, sedangkan musim panas sangat singkat. Suhu udara pada musim panas ± 10°C. Pada musim dingin, suhu udara berada di bawah nol derajat Celcius. Curah hujan terbanyak terdapat di dataran rendah muara Sungai Amur. Ha1 itu disebabkan oleh angin monsun tenggara dari Laut Jepang. Makin ke selatan. curah hujan semakin berkurang. 

Asia Tengah Asia Tengah beriklim darat (kontinental) dengan curah hujan sedikit. Pada musim panas suhu udara di Asia Tengah sangat panas dan pada musim dingin suhtt udara sangat dingin. Daerah terkering terdapat di Gurun Gobi. 

Asia BaratAsia Barat, terutama jazirah Arab dan Plato Iran, beriklim darat ( iklim gurc: Jazirah Anatolia beriklim mediterania. Curah hujan terbanyak terdapat di pantai timur Laut Hitam. 

Asia Selatan dan Asia Tenggara Kawasan Asia Selatan dan Asia Tenggara beriklim tropis basah. Di kawasan tersebut hujan terbanyak terjadi di daerah Cherrapunji. Hal itu disebabkan oleh angin muson barat daya dari Teluk Benggala. Pada bulan Maret dan April suhu udara rata-rata adalah 35°C. Asia Timur Asia Timur, terutama Jepang dan Korea, beriklim subtropik. Hujan banyak turun, khususnya di Jepang bagian selatan. Hal itu terjadi karena pengaruh angin laut dari Samudra Pasifik. 

4.  Bentang Alam 

Bentang alam di Asia beraneka ragam. Secara umum, bentang alam Asia bergunung-gunung. Pegunungan Himalaya merupakan pegunungan tertinggi di dunia. Karena tinggi pegunungan tersebut selalu diselimuti salju. Semakin ke arah timur dan tenggara, pegunungan semakin landai. 

Di situ terdapat angin yang bertiup ke wilayah Indocina, Myanmar, Thailand, terus ke Semenanjung Malaka. Di timur laut terdapat Pegunungan Hindukush, Pegunungan Karakorum yang bersambung de-ngan Pegunungan Khan Altai Besar, dan gugusan Pegunungan Siberia Selatan. 

Di barat terda-pat plato. Di kawasan Iran dan Anatolia, antara lain, terdapat Jazirah Arab yang terletak di sepanjang Laut Merah dan Teluk Aden. Di Semenanjung India bagian selatan terdapat Dataran Tinggi Dekan. Di Sri Lanka terdapat Pegunungan Adam dan Gunung Pidurutalagala. 

Pegunungan di Sri Lanka tergolong pegunungan tua karena terbentuk pada zaman karbon. Pegunungan yang terdapat di Jepang, Taiwan, Filipina, dan Indonesia merupaka.n pegunungan muda vulkanik dan merupakan rangkaian Pegunungan Sirkum Pasifik. 

Bagian barat laut Benua Asia berbatasan dengan Mongolia. Sebagian besar wilayah itu berupa padang pasir yang merupakan bagian dari Gurun Gobi dan Gurun Ordos. Daerah depresi dijumpai di berbagai kawasan, antara lain:
·                  di sepanjang aliran Sungai Ob, Sungai Yenisei, Sungai Huang Ho, dan Sungai Yangtse:
·                  dataran rendah sepanjang Sungai Indus dan Sungai Gangga di Pakistan dan India;
·                  dataran rendah di Semenanjung Indocina, Semenanjung Malabar, dan Indonesia. 


Daerah-daerah depresi itu membentuk danau-danau besar, antara lain, Danau Kaspia, Danau Aral, dan Danau Baikal. 

1. Rangkaian pegunungan
Benua Asia terdapat deretan pegunungan yaitu Pegunungan Himalaya, Pegunungan Hindukush, Pegunungan Korakorum, Pegunungan Asia Tengah, Pegunungan Sirkum Pasifik dan Pegunungan Mediteran. Kemudian ada lagi Pegunungan Kinlin dan Pegunungan Kwen lun di daratan sekitar Korea.

Pegunungan Himalaya
2. Daerah plato atau dataran tinggi
Daerah plato atau dataran tinggi terdapat juga beberapa wilayah yang merupakan dataran tinggi di Benua Asia antara lain adalah Dataran Tinggi Dekan yang terletak di Semenanjung India bagian tengah. Di bagian sepanjang pantai barat terdapat dataran tinggi Pegunungan Ghast Barat dan pada bagian timur terdapat Pegunungan Ghast Timur. Terdapat juga Pegunungan Adams dan Gunung Pidurutalaga di wilayah Sri Lanka tengah dimana pegunungan tersebut merupakan salah satu pegunungan yang paling tua karena merupakan tebentuk dari karbon.

Pegunungan Adams
3. Daerah basin atau cekungan
Wilayah Benua Asia terdapat beberapa cekungan dimana cekungan ini kemudian terisi oleh air dan menjadi lautan seperti diantaranya adalah Laut Kaspia, Danau Baikal, Danau Balkash, Danau Urmia dan Laut Mati.

Laut Kaspia
4.     Lembah-lembah sungai besar, di daratan asia juga terdapat lembah sungai atau delta sungai, delta sungai merupakan daratan yang terbentuk di sekitar hilir sungai dimana terbentuk dari endapan lumpur dan material lainnya yang dibawa oleh air sungai. Salah satu delta sungai yang terkenal adalah delta Sungai Gangga di India, Sungai Yangse, Sungai Obs, Sungai Huang Ho, Sungai Amur, Sungai Mekong, Sungai Lena, Sungai Yennesi dan Sungai Indus.

Delta Sungai Gangga
5.     Wilayah gurun dan hutan hujan tropis, gurun di wilayah Asia sangat luas terletak di India, China dan daerah Timur Tengah. Sedangkan untuk wilayah hutan hujan tropis juga sangat luas di daerah Indonesia, Malaysia dan Filipina.

Hutan hujan tropis di Indonesia
d. Flora dan fauna
Mengingat Benua Asia terletak di rentang koordinat yang luas dengan iklim yang sangat bervariasi, variasi spesies dan jenis flora dan fauna di kawasan ini juga sangat beragam. Kekayaan flora dan fauyangya ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta serta peneliti binatang dan tumbuh-tumbuhan. Di kawasan utara yang memiliki iklim dingin, tundra ialah jenis tumbuhan yang mendominasi. Jenis-jenis tanaman tundra itu misalnya lumut, rumput, dan pohon-pohon dengan daun jarum.

Bebrapa jenis tanaman yang tumbuh di daerah Tundra
Sementara itu, binatang khas kawasan ini antara lain beruang siberia, anjing laut, rusa kutub, dan rubah.

Beruang Siberia

Rusa kutub

Anjing Laut

Rubah
Sementara, di kawasan Asia bagian tengah biasa ditemukan stepa dan sabana mengingat curah hujan yang tak terlalu banyak di wilayah ini.

Sabana

Stepa

5. Keadaan Penduduk
Pada tahun 1992 penduduk Asia berjumlah 3.207 milyar terdiri atas berbagai ras yang telah bercampur. Ras yang terdapat di Asia, antara lain, sebagai berikut.
·        Sebagian besar penduduk Asia Timur dan Asia Tenggara terdiri atas ras Mongoloid (berkulit kuning).
·        Sebagian besar penduduk Asia Utara dan Asia Tengah terdiri atas ras Kaukasoid (berkulit putih).
·        Sebagian besar penduduk Asia Selatan bagian utara terdiri atas ras Kaukasoid (kulit putih), seperti Asia Utara/Tengah.
·        Sebagian besar penduduk Asia Selatan termasuk ras Negroid (kulit hitam), misalnya bangsa Dravida di India Selatan dan Sri Lanka.
·        Sebagian besar penduduk Asia Barat (Timur Tengah). khususnya negara-negara di Semenanjung Arab (Yaman dan Oman), atas ras Negroid.

Agama dan kepercayaan yang terdapat di Asia adalah Hindu. Budha, Islam, Konfucisme, Taoisme, Shinto dan Sinkyo. Penduduk India dan Nepal banyak memeluk agama Hindu. Agama Islam tersebar merata di seluruh Asia. Agama Buddha banyak dianut oleh penduduk India. Shinto adalah agama yang hanya dianut oleh sebagian besar penduduk Jepang.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
Pati, Jawa Tengah, Indonesia

Feed Section