Selamat Datang di Blog Guru IPS Berbagi SMP Negeri 2 Kayen
<< Berkarakter Menyenangkan Luar Biasa >> <<Luar Biasa Menyenangkan Berkarakter >>

Jumat, 01 September 2023

Instrumen Supervisi Akademik Kurikulum Merdeka

Instrumen Supervisi Akademik Kurikulum Merdeka adalah sebuah metode evaluasi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru. 


Secara umum, fokus utama dari evaluasi ini adalah bagaimana guru dapat membantu peserta didik dalam mengembangkan kemampuan kreativitas mereka melalui proses pembelajaran, baik di dalam maupun di luar kelas.

Penilaian terhadap kualitas pembelajaran ini dilakukan oleh Kepala Sekolah atau Pengawas sebagai Supervisor melalui program supervisi yang dilaksanakan dengan cara yang menyeluruh dan sistematis. 


Dalam program ini, rencana kegiatan supervisi diperinci, dan hasil dari supervisi tersebut dijadikan sebagai acuan penting dalam pengembangan aspek akademis di Satuan Pendidikan masing-masing.


Hal ini penting karena proses belajar-mengajar yang dilakukan oleh guru merupakan inti dari seluruh proses pendidikan, dan guru memiliki peran kunci dalam proses tersebut. Proses belajar mengajar melibatkan interaksi antara guru dan siswa dalam konteks pembelajaran untuk mencapai tujuan tertentu.


Oleh karena itu, kegiatan supervisi oleh supervisor dianggap sebagai langkah yang diperlukan untuk membantu guru dalam meningkatkan kinerja mereka dalam proses pembelajaran. Untuk mendukung Bapak/Ibu guru atau satuan Pendidikan dalam melaksanakan Supervisi Akademik biasanya dipersiapkan Instrumen Supervisi Akademik Kurikulum Merdeka yang dapat diunduh melalui tautan yang tersedia. 

Berikut instrumen supervisi guru kurikulum merdeka untuk jenjang SD, SMP, SMA dan SMK yang dapat diunduh:


Instrumen Supervisi Administrasi Pembelajaran download di sini 

Instrumen Supervisi Penelaahan Alur Tujuan Pembelajaran download di sini  

Instrumen Supervisi Penelaahan Modul Ajar download di sini 

Instrumen Supervisi Pelaksanaan Pembelajaran download di sini  


Semoga informasi tentang Instrumen Supervisi Guru Kurikulum Merdeka ini bermanfaat bagi Anda.


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
Pati, Jawa Tengah, Indonesia

Feed Section